Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Jurusan Ilmu Lingkungan, Prodi Favorit Para Pecinta Alam 

Jurusan Ilmu Lingkungan, Prodi Favorit Para Pecinta Alam 

Jurusan Ilmu Lingkungan, sebagai salah satu bidang akademik yang khusus mempelajari interaksi antara manusia dan alam, kini semakin diminati oleh para pecinta alam yang ingin berkontribusi secara nyata dalam penyelamatan planet ini.

Pasalnya dalam beberapa dekade terakhir, kesadaran global mengenai isu lingkungan telah mengalami peningkatan yang signifikan. Perubahan iklim, kepunahan spesies, dan kerusakan ekosistem adalah beberapa di antara banyak krisis yang mendesak manusia untuk bertindak. 

Maka, tak heran jika lulusan program studi ini banyak dicari untuk mengisi berbagai industri.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Lingkungan

Ilmu Lingkungan bersifat multidisipliner, menggabungkan konsep-konsep dari berbagai bidang ilmu dan memberikan pemahaman yang holistik terhadap kompleksitas interaksi antara manusia dan lingkungan alaminya. 

Lantas apa saja prospek kerja dengan mengambil program studi disiplin ini?

1. Konsultan

Peran konsultan ilmu lingkungan semakin vital ketika konsep keberlanjutan menjadi fokus utama di berbagai sektor. 

Konsultan ilmu lingkungan berperan dalam memberikan solusi berkelanjutan bagi perusahaan, pemerintah, dan organisasi untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Kalau kamu mengambil jurusan ini, maka bisa berpeluang menjadi seorang konsultan lingkungan. Seorang konsultan lingkungan bisa memberikan rekomendasi dan solusi untuk mengelola limbah dan merancang strategi konservasi energi atau hal-hal terkait lingkungan.

2. Asisten Peneliti/Peneliti

Lulusan jurusan Ilmu Lingkungan juga memiliki kesempatan untuk menjadi asisten peneliti atau peneliti utama dalam berbagai proyek penelitian lingkungan.

Baca juga: UNNES Buka Fakultas Kedokteran, Benarkah? Inilah Faktanya!

Kamu yang menyandang gelar prodi ini bisa melakukan penelitian tentang biodiversitas, perubahan iklim, kualitas air, dan isu-isu lingkungan lainnya. Tugasnya adalah melakukan pengumpulan data, analisis, serta berkontribusi pada penyusunan rekomendasi kebijakan berbasis bukti ilmiah.

3. Teknisi Berbasis Ilmu Lingkungan

Teknisi berbasis Ilmu Lingkungan berperan penting dalam implementasi proyek-proyek lingkungan. 

Jika kamu mengambil jurusan Ilmu Lingkungan dan bekerja sebagai teknisi, maka tugasnya adalah bekerja di lapangan untuk mengumpulkan sampel udara, air, atau tanah, terkait kualitas lingkungan.

4. Tenaga Quality Control

Peluang kerja di bidang Quality Control sangat relevan dengan lulusan Ilmu Lingkungan, terutama dalam industri yang memiliki dampak signifikan terhadap lingkungan.

Kamu dapat bekerja untuk memastikan bahwa kegiatan produksi mematuhi standar keberlanjutan dan keamanan lingkungan. Pengetahuan tentang dampak industri terhadap lingkungan menjadi kunci dalam memastikan keberlanjutan proses produksi.

5. Widyaiswara Ilmu Lingkungan

Widyaiswara Ilmu Lingkungan bisa menjadi prospek karir selanjutnya untuk kamu coba. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab dalam menyebarkan pengetahuan tentang isu-isu lingkungan, praktik keberlanjutan, dan teknologi hijau kepada masyarakat/para profesional.

Pekerjaan ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang keberlanjutan di kalangan berbagai kalangan.

Selain keempat peluang karir di atas, lulusan Ilmu Lingkungan juga dapat mengejar karir di sektor pemerintahan, organisasi nirlaba, atau bahkan mendirikan usaha sendiri yang berfokus pada keberlanjutan dan konservasi.

Tertarik mengambil jurusan Ilmu Lingkungan? Hanya ada satu-satunya di Semarang, kamu bisa daftar prodi Ilmu Lingkungan dengan akreditasi Unggul di UNNES

Pantau terus jalur seleksi yang ada dan semoga sukses untuk jadi keluarga UNNES ya!